Pembuatan Kinerja Utama

Oleh-oleh dari Rapat koordinasi Penyusunan Penetapan Indikator Kinerja Utama U.O. Dephan pada tanggal 8 Juli 2008 di ruang Rapat Roren Setjen Dephan. Peserta rapat dari seluruh satker di lingkungan Dephan.

 

Keberhasilan pencapaian sasaran strategis pada setiap tingkatan organisasi harus dinyatakan dengan indikator kinerja utama. Setiap instansi pemerintah (Eselon II ke atas) wajib menetapkan indikator kinerja utama. Tujuan penetapan kinerja utama adalah memperoleh informasi kinerja dan memperoleh ukuran keberhasilan atau kegagalan.

Kinerja instansi pemerintah adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian sasaran ataupun tujuan instansi pemerintah sebagai penjabaran dari visi, misi, dan strategi instansi pemerintah yang mengindikasikan tingkat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sesuai dengan program dan kebijakan yang ditetapkan.

Dokumen yang dibutuhkan untuk melihat keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

1. Rencana Strategis.

2. Rencana Kinerja.

3. Penetapan Kinerja Utama.

4. Penetapan Kinerja Tahunan.

5. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

6. Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja.

Pembuatan dokumen tersebut di atas dengan berpedoman pada :

1. Peraturan Menteri Negara PAN Nomor : PER/09/M.PAN/5/2007 tanggal 31 mei 2007 tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah.

2. Surat Keputusan Menteri Pertahanan RI Nomor : Skep/306/IV/2006 tanggal 7 April 2006 tentang Pengesahan Juklak nomor : 01/IV/2006 perihal Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Satuan Kerja Pengguna Anggaran di Lingkungan Dephan dan TNI.

3. Juklak Dirjen Renhan Dephan Nomor : Juklak/01/IV/2007 tanggal 4 April 2007 tentang Pedoman Evaluasi Laporan Kinerja Satker di Lingkungan Dephan dan TNI.

4. Juklak Dirjen Renhan Dephan Nomor : Juklak/04/VII/2007 tanggal 30 Juli 2007 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pedoman Penyusunan Rencana Kinerja Satker Pengguna Anggaran di Lingkungan Dephan dan TNI.

Semoga bermanfaat. (roctak)

~ oleh proglap pada Juli 9, 2008.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: