Ikhtisar LAKIP 2008

Salah satu azas dalam penerapan tata kepemerintahan yang baik adalah akuntabilitas. Akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban dari amanah atau mandat yang melekat pada suatu lembaga. Dengan landasan pemikiran tersebuy, Laporan Akuntabilitas Kinerja Badiklat Dephan Tahun 2008 ini disusun. LAKIP ini menyajikan capaian kinerja dari Badiklat Dephan selama tahun 2008. Walaupun Inpres Nomor 7 tahun 1999 mensyaratkan setiap instansi pemerintah menyusun suatu laporan akuntabilitas, LAKIP ini juga merupakan kebutuhan Badiklat Dephan dalam melakukan analisis dan evaluasi kinerja dalam rangka peningkatan kinerja organisasi secara menyeluruh.
LAKIP tahun 2008 ini menyajikan berbagai keberhasilan maupun kegagalan dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Keberhasilan di bidang pendidikan dan pelatihan ini tentunya bukan hanya keberhasilan dari Badiklat Dephan semata, tetapi juga menggambarkan keberhasilan dari Pusdiklat Jemenhan, Pusdiklat Bahasa, Pusdiklat Tekfunghan, dan dukungan serta partisipasi personel TNI dan PNS di lingkungan Dephan/TNI secara umum. Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang profesional dan berkualitas di lingkungan Dephan/TNI merupakan tujuan utama Badiklat Dephan. Pencapaian kinerja sasaran dan kinerja program/kegiatan telah terukur dengan hasil sangat baik (102,68 %) serta memiliki tingkat efisiensi sebesar 99,28 % dan tingkat efektifitas sebesar 104,50 %.
Namun demikian, selain beberapa keberhasilan di atas Badiklat Dephan juga mencatat adanya beberapa ketidakberhasilan dalam mewujudkan SDM yang profesional dan berkualitas. Hal ini disebabkan oleh jumlah kehadiran peserta diklat tidak mencapai jumlah yang diharapkan. Ketidakberhasilan tersebut menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Badiklat Dephan belum sepenuhnya berhasil. Hal ini tetap akan menjadi catatan bagi seluruh jajaran pada Badiklat Dephan dalam upaya memperbaiki pelaksanaan kerja di masa mendatang sehingga kinerja yang dihasilkan dapat lebih memberi manfaat kepada Dephan dan TNI serta pihak yang berkepentingan.

~ oleh proglap pada Juli 31, 2009.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: